Sabtu, 05 Mei 2012

Cara Merekam Siaran TV

 
Cara Merekam Siaran TV secara LIVE (Online)
Suatu ketika ada teman saya yang bertanya seperti ini : Pak, saya dapat tugas dari sekolah saya disuruh untuk merekam acara yang bertemakan pendidikan di suatu televisi swasta (TV-e) dan harus segera direkam dikarenakan segera digunakan untuk materi, begitu kata teman saya, akhirnya saya mencoba untuk searching di Google dan berhasil menemukan cara untuk merekam acara di TV tersebut meskipun acara yang sedang berlangsung itu adalah acara Live atau Streaming. Program yang bisa dipakai untuk merekam acara di TV tersebut adalah Hypercam Versi 3.0 keatas, bisa anda Download DISINI.

Sebenarnya banyak sekali cara untuk merekam acara TV secara Live yang akan saya sharing disini adalah dengan menggunakan bantuan program Hypercam, mungkin diantara pembaca ada yang bilang seperti ini : saya cukup pakai IDM saja sudah bisa untuk merekam acara tersebut, memang dengan IDM kita bisa langsung download film atau video dari suatu media streaming di Internet misalnya dari Youtube, Google Video, dll. Tapi jika untuk video streaming secara Live tidak bisa kita download dengan IDM dikarenakan dalam video tersebut kita tidak tahu kapan berhentinya, berikut ini adalah contoh cara download video dari suatu Website pendidikan misalnya TV-e :
  • Buka terlebih dahulu alamatnya di Internet alamatnya di http://tve.kemdiknas.go.id/
  • Gambar diatas adalah tampilan awal dari TV-edukasi, jika kita ingin mendownload video secara Offline (Bukan Live) bisa kita tekan Video Streaming, namun jika ingin mendownload video secara Online (Live) bisa kita pilih Live Streaming.
  • Kita coba dengan memilih Video Streaming, pilih Video untuk melihat arsip video
  • Pilih salah satu video misalnya Perkalian Matriks
  • Jika anda punya program IDM maka anda bisa langsung Download Video dan bisa disimpan dikomputer kita.


Begitulah cara untuk mendownload dari video yang sudah ada (bukan Live), berikut ini adalah cara untuk mendownload video yang realtime atau Live atau Streaming Online. Langkah yang harus kita lakukan adalah :
  • Install terlebih dahulu program Hypercam Versi 3.0
  • Buka website TV-e pilih Live Streaming
  • Akan muncul video yang langsung tampil
  • Jalankan Program Hypercam Versi 3.0
  • Kemudian langkah untuk merekam video adalah dengan cara memilih Region, Fullscreen atau Window
    Region : memilih atau menyeleksi objek video yang akan kita rekam (ini yang kita pilih)
    FullScreen : Merekam semua layar monitor
    Window : Hampir sama dengan Fullscreen yang direkam hanya pada tampilan Windows di layar monitor
  • Setelah anda pilih Region, maka yang harus anda lakukan adalah dengan memilih atau menyeleksi video / objek yang akan kita rekam, ciri-cirinya biasanya ditandai dengan garis merah diluar objek video tersebut.
  • Kemudian tekan Record untuk mulai merekam, dan Stop untuk mengakhiri, video akan terekam pada komputer kita secara otomatis dan bisa langsung kita mainkan. Biasanya folder tempat penyimpanan video tersebut di C:\Documents and Settings\My Documents\HyperCam3
  • Jika langsung anda jalankan maka video tersebut masih bersifat mute (tidak keluar suara) agar suara bisa keluar maka bisa kita setting dimenu Option, pilih Audio.

Langkah selesai, video bisa kita gunakan untuk pembelajaran dalam kelas.
Jika ada saran dipersilahkan agar website ini bisa tambah lebih baik lagi,  


Terima Kasih dan SUKSMA.

Tidak ada komentar: